Tiket Murah, On line hubungi Kami Garas Kreasindo

Kamis, 05 Agustus 2010

Gunung Merbabu


Gunung ini merupakan gunung favorite untuk pendaki lokal maupun luar negeri. Suhu rata-rata di puncaknya kira-kira berkisar antara 15 derajat Celsius pada siang hari, pada malam hari tentu lebih dingin. Gunung yang indah ini terletak ditengah-tengah propinsi Jateng.
Selama ini Merbabu dikenal sebagi gunung yang tidak aktif, tetapi sebenarnya ia mempunyai 5 kawah, yang bernama:
Condrodimuko, Kombang, Kendang, Rebab & Sambernyowo. Mt. Merbabu meletus terakhir kali di tahun 1968 yang menyebabkan erosi besar.
Rute pendakian:
Ada 2 rute untuk menuju puncak yaitu: Dari Utara melalui desa Tekelan’ Salatiga dan rute Selatan melalui desa Selo, Boyolali.
Rute Utara
Kota terdekat adalah Salatiga. Kurang lebih 1 jam perjalanan dari Semarang or Surakarta.
Dari Salatiga naik bus lagi ke Kopeng resort, menuju desa basecamp:
Mendaftar ke Arie Wijaya A.Md (atau Bapak Sunaryo)
Alamatnya:
POSKO MERBABU
Tekelan No. 96, Kopeng
Salatiga 50774
Jawa Tengah.
Base camp ini mempunyai kapasitas untuk menampung kurang lebih 450 orang. Tempat ini menyediakan kamar mandi dan rumah ibadah yang sederhana: Masjid, gereja dan vihara. Terdapat rute pendakian ke puncak yang telah dibersihkan yang dilakukan oleh Perhutani Kopeng.
Temperatur harian desa Tekelan kurang lebih 19 derajat Celsius. Penduduk desa ini kurang lebih sekitar 688 jiwa. Mereka hidup sebagi petani sayur seperti bawang, tomat, cabe, wortel dan juga tembakau.
Ada beberapa gadis cilik (sampai berumur 4 tahun) yang berambut gimbal, hal itu dipercaya sebagai pelindung terhadap setan dan pengamannya. Pencukurannya mesti dalam upacara ritual dan dilakukan oleh orang tua. Mata air di desa ini dianggap sebagai tempat keramat dan dilarang untuk dirusak.
Pendakian
Note: Mata air terdapat didekat base camp, shelter Pending dan dekat 5 kawah.
1.       Desa terakhir di lereng sebelah utara, Tekelan is 1596 M.
dari Kopeng kurang lebih 1,8 Km jalan kaki atau 3,5 Km naik motor. Dari basecamp Arie Widjaja’s jalan kaki selama about 1 jam melalui kebun-kebun ke shelter Pending (1800 m)


2.     Kemudian berjalan selama 1,5 jam ke shelter 1-Gumuk (2260 m)
Setelah menyeberangi sungai kecil (Kethekan), (disini ada mata air) dan melewati jurang yang tak terlalu dalam (Pereng Putih 2200 m). Didaerah ini tumbuh pohon bambu kecil yang digunakan oleh penduduk lokal untuk membuat anyaman kerajinan bambu.

Pendakian selanjutnya  selama 1 jam menuju ke shelter II Lempong Sampan (2450 m) melalui hutan. Ada 2 rute.
3.    


4.     Dari shelter II ke shelter III kira-kira 1 jam perjalanan – Watu Gubug (2610 m). Terdapat tiga rute, dengan panorama hutan yang berbeda antara rute satu dengan lainnya. Beberapa bunga yang berumabi tumbuh dengan lebat disini, watu gububg merupakan batu besar yang berlubang ditengahnya seperti gua dimana lubang ini dapat menampung kira-kira 100 orang. Tempat ini dianggap sebagai tempat keramat. Para pendaki dianjurkan untuk bersikap baik. Jangan kencing didekat watu gububg atau Kawah Condrodimuko. Jangan memasukkan kaki kedalam mata air kawah.

5.     Setelah mendaki selama 45 minutes ke shelter IV-Gunung Watu Tulis – 2896 m.

Pemandangan dari sini cukup bagus. Pendaki dapat melihat beberapa puncak dari Merbabu. Dari shelter III sampai puncak merupakan daerah padang ilalang hijau dengan beberapa tanaman dan bunga gunung yang cantik seperti: acacia, Kemlandingan, Strawberry, orchid dan tentunya si harum Edelweiss. Dari waktu ke waktu, para pendaki sering bertemu dengan beberapa burung, jungle fowls, monyet, rusa dan be careful of ....... Tigers. Terdapat radio komunikasi di daerah sini.

6.     Perjalanan kembali ke shelter V-(2898 m) memerlukan waktu selama 30 menit dari shelter IV. Tempat ini dikelilingi oleh by the magnificent summits of Merbabu. About 150 m dari sini terdapat kawah mati, ada mata air didekatnya. Disebelah kanan, there is Gunung (Mount) Kukusan (2928 m).
7.     Sekarang, kita melewati trek paling berat, Mereka meyebutnya  627 m long "Jembatan Setan", normalnya ini memerlukan waktu 45 minutes. Terdapat jurang yang dalam di sebelah kanan dan kiri, sampai ke tempat yang disebut Plawangan Ondorante (persimpangan menuju puncak terakhir)
8.     Puncak Pregodalem (3119 m)
Menurut legenda, ada sebuah rumah dipuncak, dijaga oleh Kyai Syarif dan mbah Kerto. makanya puncak ini juga disebut: Syarif atau Kerto.

Puncak Kenteng Songo (3142 m)
9.    
dari persimpangan, mendaki lagi selama 45 minutes, disinilah puncak tertinggi yang dikenal sebagai Kenteng Songo. Ada tiga batu dalam bentuk tempat menumbuk padi. Ada kepercayaan, puncak ini merupakan  tempat tinggal  yang "unseen" dari Kyai dan Nyai Rogodewo.

Panorama yang indah merupakan daya tarik sendiri bagi para pendaki, yang membuat mereka betah berlama-lama berada disini. Disebelah barat ada  puncak birunya gunung Sumbing dan Sindoro, hanya "beberapa meter" ke selatan ada gunung aktif Merapi. Ke arah utara ada gunung Telomoyo dan Ungaran yang indah dan rindang. Sedangkan Mt. Lawu berdiri di sebelah tenggara.

Dari rute Selatan
Desa Selo berada diantara Mt. Merbabu & Mt. Merapi.
Di Selo, terdapat beberapa penginapan.
1.       Dari Pasar Selo, berjalan ke desa yang berbatasan dengan hutan. Pergilah ke basecamp milik Pak Sunarto. Ada kamar mandi sederhana, masjid dan warung. Mendaki dari jalur ini, pendaki akan disuguhi pemandangan cantik dari gunung Merapi dan Mt. Lawu di belakangnya.


Dari shelter I-Balong, shelter II-Pentur dan shelter III. Pendaki dapat berjalan dengan santai dibawah naungan pepohonan hutan yang lebat.
Dari shelter IV sampai puncak, terdapat padang ilalang dan beberapa bunga seperti bunga Edelweiss, yang disini disebut  Snowy Edelweiss. Trek menuju shelter inilah yang merupakan trek yang paling melelahkan.
Shelter V merupakan puncak Kentong Songo. pendakian dari rute selatan memerlukan waktu selama kurang lebih 6 jam.
Anjuran bagi para pendaki, jalur paling bagus untuk menuju puncak Mt. Merbabu adalah jalur Utara, Desa Tekelan dan turun in Selo. 



3 komentar:

Anonim mengatakan...

masih ada jalur wekas, jalur yang cenderung lebih mudah daripada kedua jalur yang lain.., dan juga terdapat sumber air di pos 2 ( setara dengan pos 3 jalur kopeng)

Garasi Kreasindo mengatakan...

Terima kasih banyak.. bisa info rute detail jalur wekasnya.. kami berharap blog ini bisa menjadi refernsi banyak pendaki dan teman2 yang membutuhkan...

Unknown mengatakan...

merbabu bagi POKPINK Ceper Klaten adl sumber inspirasi kami yang tiada habisnya...semoga Merbabu tetap terjaga keindahannya...sabana nan indah bagai dunia hayal melayang di sana....
http://parlin2002.blogspot.com/2011/06/mengejar-sabana-di-gunung-merbabu-2011.html
nitip info Mas...tengkyu...salam rimba

GARAGE ADVENTURE GUIDE

GARAGE ADVENTURE GUIDE merupakan suatu koordinator kegiatan Adventure, training indooor/outdoor, dan penyedia perlengkapan outdoor dibawah manajemen GARASI KREASINDO

GAG begitu kami lebih akrap disapa, ingin menemani anda semua untuk melakukan aktivitas petualanag seperti pendakian, jelajah alam, observasi hutan atau sekedar jalan-jalan melepaskan kepedatan.

Kami juga menyediakan kebutuhan peralatan dan perlengkapan outdoor yang bisa anda lihat dan dapatkan di GARASI CAFE n Destro

GAG juga turut membantu anda dalam mengkoordinasikan kegiatan training indoor/outdoor untuk sekolah, komunitas, kantor atau bidang usaha yang lain.
Kami mempunyai tim berpengalaman dalam penyelenggaraan kegiatan didalam maupun diluar ruangan.

Silahkan menghubungi kami, kami siap membantu anda.